Powerd

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

Contoh Soal Termokimia Dan Tanggapan Lengkap

Mastimon.Com - Mempelajari pola soal Termokimia menjadi agenda rutin bagi para pelajar bukan? Termokimia sendiri merupakan ilmu kimia yang di dalamnya mempelajari perihal perubahan kalor suatu zat yang mana menyertai reaksi proses kimia dan fisika. Dengan kata lain, Termokimia mempelajari relasi antara energi kimia dan energi panas. Dalam Termokimia ada bermacam-macam rumus dan pemahaman teori serta praktik.


Dalam teorinya, materi kajian di dalam Termokimia ialah penerapan aturan kekekalan energi serta aturan termodinamika I di dalam bidang kimia. Bagian dasar pelajaran Termokimia umumnya menjelaskan aturan kekekalan energi yaitu energi yang tidak sanggup diciptakan, dimusnakan dan tidak sanggup berubah bentuk menjadi energi berbeda. Untuk meningkatkan pemahaman Anda cobalah mengecek pola soal Termokimia dan jawabannya berikut ini.

Contoh Soal Termokimia perihal Reaksi

Pertanyaan ini berkaitan dengan eksoterm, perubahan entalpi dan endoterm. Coba perhatikan pertanyaan berikut ini dan kemudian analisalah. Seorang memakai kapur tohor (CaO) dalam melabur rumah supaya terlihat putih. Sebelum itu, kapur dicampur dengan air dan mengeluarkan reaksi panas. Apakah reaksi tersebut masuk ke eksorterm atau endorterm dan bagaimana pula perubahan entalpinya?

1. Jawaban reaksi

Reaksi yang kemungkinan terjadi yaitu CaO(s)+H2O(I) Ca(OH)2 (s)

2. Pembahasan

Reaksi panas pada percobaan tersebut sanggup diartikan sebagai reaksi pelepasan kalor atau reaksi eksoterm. Dengan kata lain, kalor tersebut lebih rendah dari pereaksinya. Apabila reaksi dilakukan dengan tekanan tetap atau terbuka maka kalor yang dilepaskan menyatakan adanya perubahan entalpi yang mempunyai harga negatif. Baca Juga : Contoh soal CPNS lengkap Kunci Jawaban.

Contoh Soal Termokimia Hitungan Kalor

Contoh soal kedua ialah hitungan kalor. Cobalah untuk menganalisa pertanyaan berikut ini. Berapa jumlah kalor yang sanggup dipakai untuk menaikkan suhu yaitu 50 gram dengan suhu 25 derajat celcius menjadi 60 derajat celcius? Sementara itu diketahui kalor dengan jenis air, c = 4, 18 J g-°C-1. Untuk menganalisa hitungan tersebut Anda memerlukan penerapan rumus. Berikut cara mengerjakannya.

1. Jawaban lewat rumus

Untuk mencari jawabannya Anda memerlukan rumus m c ΔT = Q. Berikut ialah perhitungannya. Q = m c ΔT
= 50 g X 4, 18 J g - 1°C - 1 X 35°C
= 7, 315 k J

2. Pembahasan

Dalam soal tersebut, kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu dari 50 derajat celcius menjadi 60 derajat celcius ialah 50 kali 1 gram air. Artinya kalor yang sebenarnya diharapkan untuk menciptakan suhu naik sebesar 35 derajat yaitu sebanyak 35 kali kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 derajat celcius. Sehingga kalor yang dibutuhkan 7, 315 k J.

Contoh Soal Termokimia Penentuan Entalpi

Contoh soal selanjunya berkaitan dengan entalpi. Entalpi merupakan istilah di dalam termodinamika. Entalpi intinya tidak sanggup dihitung namun nilai perubahannya masih sanggup dicari. Bila diketahui persamaan rermokimia dari reaksi pembakaran gas asetilen 2 C2 H2(g)+502(g)   →   4C02(g)+2H20(ℓ) dan ∆H=-2.599,1 k J. Coba analisa entalpi pada pembakaran gas asetilen dan hitung kalor dengan pembakaran 10 L gas asetilennya.

1. Jawaban entalpi

Reaksi pembakaran di atas mengatakan bahwa pembakaran dilakukan pada 2 mol gas C2 H2 dengan pembebasan kalori sebesar 2.599, 1 k J. Karena itu, entalpi pembakaran ditentukan untuk 1 mol gas esetilen. Dengan begitu, besarnya entalpi ialah 2.599,1 k J : 2 = 1.299, 6 k J.

2. Penghitungan kalor

Besarnya kalor pada perkara di atas sanggup diketahui melalui mol gas asetilen dalam kondisi standar. Perhitungan kalor sama menyerupai cara-cara sebelumnya memakai rumus. Baca Juga : Contoh Soal Psikotest dan Kunci Jawaban.

Nah, itulah beberapa soal yang sanggup Anda cermati untuk mengecek pengetahuan mengenai Termokimia. Soal-soal mengenai penghitungan kalor dan reaksi tersebut biasanya juga keluar pada ketika proses smptn. Salah satu kunci mengerjakan soal-soal Termokimia ialah memahami konsep dasarnya terlebih dahulu.

Dengan pinjaman pola soal Termokimia lengkap dengan jawabannya diharapkan pembelajar lebih cermat. Kalian juga sanggup mempelajari lebih jauh perihal Termokimia dengan berkunjung ke blog panduankimia.net.

Subscribe to receive free email updates: